Cari Blog Ini

Senin, 10 Oktober 2011

cara mensyukuri nikmat Alloh


A.    CARA MENSYUKURI NIKMAT ALLOH
Ada banyak cara yang dapat dilakukan manusia untuk mensyukuri nikmat Allah swt. Secara garis besar, mensyukuri nikmat ini dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
1.    Mensyukuri dengan hati, dengan mengakui, mengimani dan meyakini bahwa segala bentuk kenikmatan ini datangnya dari Allah swt semata :
·         Memanfaatkan dengan baik apa yang telah diberikan oleh Alloh SWT secara gratis kepada kita setiap hari, seperti udara, air, dan masih banyak lainnya.
·         Menjaga dan melestarikan apa yang sudah diberikan Alloh kepada kita.
2.    Mensyukuri dengan lisan, dengan memperbanyak ucapan alhamdulillah (segala puji milik Allah) wasysyukru lillah (dan segala bentuk syukur juga milik Allah).
3.    Mensyukuri dengan perbuatan di antaranya :
    1. Mempergunakan segala bentuk kenikmatan Allah untuk menunaikan perintah-perintah Allah, baik perintah wajib, sunnah maupun mubah :
·         Menunaikan shalat lima waktu tepat waktu.
·         Bersedekah jika memiliki rezeki lebih.
·         Berpuasa.
    1. Mempergunakan segala bentuk kenikmatan Allah dengan cara menghindari, menjauhi dan meninggalkan segala bentuk larangan Allah, baik larangan yang haram maupun yang makruh :
·         Jangan menghambur-hamburkan rezeki yang telah diberikan oleh Alloh SWT.
·         Jangan merusak apa yang ada dibumi yang telah diberikan oleh Alloh untuk dipergunakan oleh seluruh umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar