Cari Blog Ini

Selasa, 09 Oktober 2012

PROSES KEPERAWATAN GERONTIK



PROSES KEPERAWATAN GERONTIK PADA TINGKAT KELUARGA
A.    Pengertian
Proses keperawatan pada tingkat keluarga adalah kerangka kerja dalam melaksanakan tindakan yang digunakan agar proses pertolongan yang diberikan pada keluarga menjadi sistematis / sekumpulan tindakan yang dipilih secara matang dalam usaha memperbaiki status kesehatan keluarga / pasien serta menambah kemampuan mereka dalam mengatasi masalah kesehatannya. Sedangkan keperawatan gerontik merupakan suatu bentuk pelayanan profesional yang didasarkan pada ilmu dan kiat / teknik keperawatan yang berbentuk bio – psiko – sosio – spiritual dan kultural yang holistik ditujukan pada klien lanjut usia baik sehat maupun sakit pada tingkat individu, keluarga, kelompok dan masyarakat. Jadi proses keperawatan gerontik pada tingkat keluarga adalah kerangka kerja / sekumpulan tindakan yang dipilih secara matang yang merupakan suatu bentuk pelayanan profesional yang didasarkan pada ilmu dan kiat / teknik keperawatan yang berbentuk bio – psiko – sosio – spiritual dan kultural yang ditujukan pada klien lanjut usia sakit, maupun sehat pada tingkat keluarga serta menambah kemampuan keluarga dalam mengatasi masalah kesehatan.
B.     Pengkajian Gerontik
1.         Pengertian
Pengkajian perawatan adalah sekumpulan tindakan yang digunakan perawat untuk mengukur keadaan pasien / keluarga dengan memakai patokan norma-norma kesehatan pribadi maupun sosial serta integritas dan kesanggupan untuk mengatasi masalah.
2.         Pengumpulan Data
Pengumpulan data dimaksud disini adalah upaya pengumpulan semua data, fakta dan informasi yang mendukung pemecahan masalah klien.
3.         Jenis-jenis data yang dikumpulkan adalah sebagai berikut ;
·      Struktur dan sifat Keluarga
·      Faktor Sosial – Budaya – Ekonomi
·      Faktor-factor Lingkungan
·      Riwayat Kesehatan / Riwayat Medis
4.         Metode Pengumpulan Data
·      Wawancara
Wawancara dilakukan untuk mengetahui data-data subyektif dalam aspek fisik, mental, sosial budaya, ekonomi, kebiasaan, adat istiadat, agama, lingkungan, dan sebagainya.  
·      Pengamatan / Observasi
Pengamatan / Observasi dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang secara langsung bersifat fisik (ventilasi, kebersihan, penerangan dan lain-lain) atau benda-benda lain (data obyektif).
·      Pemeriksaan Fisik
Pemeriksaan fisik dilakukan terhadap anggota keluarga yang mempunyai masalah kesehatan dan keperawatan yang berkaitan dengan keadaan fisiknya, misalnya kehamilan, mata telinga, tenggorokan dan lain-lain (data obyektif).
·      Studi dokumentasi
Studi ini dilakukan dengan jalan ; Contoh kuisioner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar